top of page

Home Recording Studio 101

Updated: Aug 18, 2023

Pengetahuan dasar untuk membuat dan membangung Home Recording Studio oleh Cretta Cucu A.

Era teknologi dan komunikasi saat ini sedang berkembang dengan sangat cepat, termasuk musik dan industri rekaman. Perkembangan teknologi komputerlah yang memicu semua hal ini dan internet mengubah cara pandang kita terhadap dunia, komunikasi, dan ekonomi. Jika Anda seorang musisi, pencipta lagu, atau produser pada saat ini, maka Anda memiliki keuntungan lebih dibanding generasi sebelumnya, mengapa? Karena saat ini kita dapat menulis, merekam, dan mendistribusikan musik kita secara profesional dengan lebih mudah dan murah.


Itu semua merupakan dampak dari perkembangan teknologi komputer dan internet yang semakin pesat. Saat ini, kita sangat mudah untuk mengunggah, memperkenalkan, dan mendistribusikan karya kita ke seluruh dunia melalui beberapa situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, Soundcloud, Youtube, dan Spotify Luar biasa bukan?.


Seni dan teknik merekam tidak lepas dari kemajuan teknologi saat ini. Dahulu, jika kita ingin merekam sebuah lagu, kita membutuhkan banyak biaya dan waktu yang lama. Namun, sekarang kita dapat melakukannya kapan saja dan di mana saja, seperti di kamar kost, halaman rumah, bahkan di kamar mandi, setiap saat ide musikal muncul. Tentu saja hal ini dapat memangkas biaya produksi dan membuat alat-alat rekam semakin terjangkau.


"Bagaimana kita memulainya semua?" Untuk memulai produksi musik, kita membutuhkan peralatan yang akan mendukung kreatifitas dan ide-ide musik kita. Alat yang kita butuhkan adalah seperangkat alat home recording. Home recording adalah alat standar studio rekaman digital untuk rumah atau kantor. Berikut adalah beberapa peralatan utama yang kita butuhkan sebelum menekan tombol Record:

  1. PC/ Laptop

  2. Audio Interface

  3. Microphone

  4. D.A.W (Digital Audio Workstation)

  5. MIDI Controller

  6. Studio Monitor

  7. Headphones


OK!.. ada tujuh kategori peralatan yang harus dipahami dan diketahui fungsinya oleh teman-teman. Saat ini banyak sekali pilihan merek yang menyediakan alat rekam digital, dengan beragam harga dan fitur. Namun, jangan terjebak dengan pandangan bahwa alat mahal pasti menghasilkan hasil yang bagus, karena itu bukan jaminan. Ada faktor lain yang sangat penting yaitu kemampuan SDM (Audio Engineer) dalam memproses hasil rekaman hingga tahap akhir. Terkadang meski alatnya terbatas, namun jika memiliki kemampuan dan keterampilan yang baik, hasil rekaman bisa menjadi bagus.


Oleh karena itu, saya akan menjelaskan fungsi dan manfaat dari ketujuh kategori di atas untuk keperluan Home Recording.


1. PC/Laptop

Siapa yang tidak mengenal alat ini? Saya yakin saat ini sudah menjadi kebutuhan utama sehari-hari selain smartphone yang tidak terpisahkan. PC/Laptop sangat penting bagi Home Recording karena 90% aktivitas dilakukan di sini, mulai dari perekaman, editing, mixing, hingga mastering. "Apakah harus memiliki komputer gaming?" Tentu saja tidak. Ada hal yang disebut Minimum System Requirement sebagai dasar untuk memulai dengan komputer yang harganya terjangkau.

PC/ Laptop Apple Macbook
Gambar 1. Laptop Macbook buatan Apple

Sejak diterbitkannya tulisan ini, produsen PC/Laptop ternama sudah berhasil menciptakan produk dengan spesifikasi yang memadai dan menurut saya sangat baik untuk kebutuhan Home Recording. Sayangnya, harganya cukup mahal. Agar tidak Over Spec dan Over Price, saya lampirkan tabel Minimum System Requirement dan juga Recomended System Requirement sebagai acuan untuk membeli PC/Laptop seperti Mac atau Windows. Pilihlah spesifikasi komputer yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan jika Anda seorang yang sering bepergian, pilihlah laptop dengan spesifikasi yang tepat.


Minimum System Requirement

Recomended System Requirement

​CPU

​Core i5 2.6GHz (6 cores) / AMD Ryzen Multi Core

Intel Core i9 3.5GHz Eight-Core, AMD Ryzen 9 or higher

Memory

8GB RAM

16GB RAM

Storage

500GB SSD / 500GB HDD

1TB SSD/ 1TB HDD

Graphics Card

Built-In/ Integrated Graphics

Built-In/ Integrated Graphics

Monitor

15" Inch or bigger

24" Inch or bigger

Mouse and Keyboard

Any

Any

Operating System

Windows 10 or Mac

Windows 10 or Mac


2. Audio Interface

Berikutnya, ada Audio Interface, alat yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia Home Recording karena menjadi salah satu alat yang sangat penting. Apa itu Audio Interface dan apa fungsinya?

Proses Analog to Digital Converter
Gambar 2. AD/DA Converter

Audio interface memiliki fungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital sehingga dapat diterima oleh komputer dan juga mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog untuk diteruskan ke sumber output seperti Studio Monitor, Headphone, atau juga dikenal sebagai ADDA Converter (Analog to Digital/ Digital to Analog). Dalam dunia Home Recording, audio interface sangat penting karena memungkinkan perekaman suara atau alat musik melalui PC/ Laptop. PC/ Laptop memang sudah dilengkapi dengan ADDA Converter, namun fungsinya terbatas dan tidak sepowerful seperti audio interface. Oleh karena itu, untuk kebutuhan perekaman yang lebih baik, audio interface diperlukan.



Penting untuk memastikan bahwa Audio Interface yang kalian pilih sesuai dengan kebutuhan kalian. Misalnya, jika ingin digunakan untuk podcast, pilihlah Audio Interface yang memiliki 2 input, sedangkan untuk merekam drum pilihlah yang memiliki 8 input atau lebih. Berikut adalah beberapa rekomendasi Audio Interface untuk meningkatkan produktivitas kalian:

3. Microphone/ Mikrofon

Mikrofon adalah salah satu alat penting dalam proses rekaman. Selain untuk merekam suara vokal, alat ini juga bisa digunakan untuk merekam berbagai instrumen akustik seperti gitar akustik, bass akustik, perkusi, drum, dan lain-lain.

Ada tiga jenis mikrofon, yaitu Dynamic, Condenser, dan Ribbon. Setiap jenis memiliki karakteristik yang berbeda, tetapi pada umumnya mikrofon Dynamic dan Condenser yang paling banyak digunakan. Mikrofon Dynamic cocok untuk digunakan pada pertunjukan langsung karena tahan dan memiliki daya tangkap suara yang terfokus pada sumber suara di depannya. Ini sangat baik untuk menghindari suara bising dan umpan balik saat pertunjukan.

Bagian dalam Spul atau catridge mikrofon Dynamic dan Condenser
Gambar 4. Bagian dalam mikrofon Dynamic dan Condenser

Berikutnya, mikrofon Condenser juga dikenal sebagai Large Diaphragm Microphone. Berbeda dari mikrofon Dynamic, mikrofon Condenser memiliki karakteristik daya tangkap suara yang rinci dan alami dari sumber suara. Ini memungkinkan kita untuk menangkap detail suara vokal atau instrumen akustik lain dengan natural.


“Jika Anda ingin memulai Home Recording, tipe mikrofon apa yang harus dipilih?”.

Terdapat banyak merek mikrofon yang populer dan berkualitas tinggi di pasaran seperti Neumman, Octava, Telefunken, Aston, dan lain-lain. Namun, hal penting yang harus dipertimbangkan adalah apakah harga sesuai dengan budget dan apakah mikrofon tersebut cocok dengan kebutuhan Anda.


Jika budget pas-pasan, ada beberapa rekomendasi mikrofon Condenser yang bisa menjadi pilihan untuk Home Recording Anda. Tenang saja! Berikut adalah beberapa rekomendasi Mikrofon untuk meningkatkan produktivitas kalian:

Jangan lewatkan untuk menonton video perbandingan mikrofon berikut ini:


4. D.A.W (Digital Audio Workstation)

"Ka, saya sudah membeli semua peralatannya! Lalu, software yang cocok untuk dipakai seperti apa ya?".

Sekarang saatnya untuk memilih "dapur masak" digital, yaitu software Digital Audio Workstation (D.A.W). D.A.W memiliki kemampuan untuk memproses data audio dan midi seperti menulis, merekam, mengedit, mixing, dan mastering di satu tempat. Ada banyak pilihan D.A.W, tetapi tidak semuanya kompatibel dengan sistem operasi Mac dan Windows. Ada juga beberapa pilihan yang gratis lho!

Gambar 6. Digital Audio Workstation (DAW)

Berikut beberapa D.A.W dikatergorikan berdasarkan OS (Operating System):

MAC

MAC and WINDOWS

Logic

Audition (Free)

Digital Performance

Cakewalk (Free)

Garage Band (Free)

Fruity Loop

​LMMS (Free)

Pro Tools

Cubase

Nuendo

Ableton Live

Studio One

Reason

Reaper (Free)


5. MIDI Controller

MIDI Controller adalah perangkat keras atau perangkat lunak yang bertanggung jawab untuk menghasilkan dan mengirimkan data Musical Instrument Digital Interface (MIDI) ke perangkat yang kompatibel dengan MIDI. Tujuannya adalah untuk memicu suara dan mengontrol parameter dalam perangkat musik elektronik. MIDI Controller biasanya berbentuk Keyboard, Pad, atau Control Surface.

Gambar 7. MIDI Controller

Keyboard Controller adalah bentuk MIDI Controller yang paling sering dibutuhkan. Keyboard Controller sangat berbeda dengan keyboard biasa, karena Keyboard Controller tidak memiliki Sound Generator atau penghasil suara sendiri. Keyboard Controller lebih bertujuan sebagai pengirim informasi MIDI ke perangkat musik atau software instrumen yang ada di komputer, seperti Virtual Instrument atau VSTi, dengan menggunakan kabel USB.

routing jalur MIDI controller dan audio interface
Gambar 7. MIDI Controller Connection

Berikut 10 rekomendasi MIDI Controller untuk meningkatkan produktivitas anda:


6. Studio Monitor

Berikut adalah alat yang tidak kalah penting, yaitu Studio Monitor atau biasa disebut juga Studio Reference/Speaker Flat. Ini digunakan untuk memantau dan meninjau kembali hasil rekaman sehingga dapat dikoreksi dan disesuaikan dengan yang diinginkan. Studio Monitor memiliki respon yang datar sehingga dapat memberikan referensi suara yang akurat.

Koleksi studio monitor, speaker flat, studio reference
Gambar 8. Macam-macam Studio Monitor

Penting untuk memilih Studio Monitor yang sesuai dengan ukuran ruangan. Jika ruangan kecil, jangan memilih speaker yang terlalu besar karena akan memberikan referensi yang tidak akurat. Sebaliknya, jika ruangan besar, jangan memilih speaker yang terlalu kecil. Berikut adalah contoh peletakan Studio Monitor yang tepat.


Berikut adalah beberapa rekomendasi Studio Monitor untuk menunjang produktivitas Anda:


7. Headphone

Headphone juga bisa menjadi solusi alternatif untuk Studio Monitor, terutama dalam situasi seperti ketika berada di kost atau lingkungan yang tidak memungkinkan untuk menggunakan Studio Monitor. Jika sering bepergian, memiliki headphone yang berkualitas tinggi akan sangat membantu. Ada dua jenis Headphone yaitu Open Back dan Close Back, untuk penjelasan lebih lengkap mengenai kedua jenis Headphone, silakan tonton video di bawah ini.


Berikut adalah beberapa rekomendasi Headphone yang dapat membantu produktivitas Anda:


"Sudah beli semua peralatan nih Ka!, bagaimana cara memasang dan menginstalnya?"

Ok! Berikut adalah gambar panduan instalasi yang tepat dan benar untuk setiap peralatan yang kami bahas, mari simak!




Keterangan:

  1. Hubungkan Audio Interface dengan komputer/ PC/ laptop menggunakan kabel USB

  2. Hubungkan Audio Interface dengan Studio Monitor menggunakan kabel TRS to TRS atau XLR to TRS

  3. Hubungkan Microphone dengan Audio Interface menggunakan kabel XLR to XLR

  4. Hubungkan keyboard Controller menggunakan kabel USB

  5. Hubungkan Headphone menggunakan kabel TRS

Semoga informasi di atas dapat menjawab kebingungan dan kegelisahan kamu ketika ingin memulai membeli peralatan Home Recording. Jika ada pertanyaan lebih lanjut tentang Home Recording dan ketersediaan peralatan, langsung saja klik tombol di bawah ini untuk menghubungi kami! Terima kasih atas perhatianmu. Selamat berkarya!



892 views0 comments

Kommentare


bottom of page